Tips Pengelolaan Bank Sampah yang Benar

36

Persoalan sampah di Indonesia memang tidak ada habisnya jika dibicarakan sekarang. Selalu ada saja plot bahasan yang menggelitik dan juga prihatin atas apa yang sebenarnya terjadi di negeri tercinta kita ini terkait soal sampah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah yang tak kunjung reda di negeri ini adalah dengan membuat yang namanya bank sampah.

Nah buat kamu yang di daerah nya kebetulan sekarang ini sedang ingin mendirikan bank sampah. Maka beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan supaya pengelolaan bank sampah kamu bisa berjalan lebih maksimal lagi. Ini dia :

  1. Buku Administrasi

Nah benda yang sangat wajib dimiliki oleh pengelola bank sampah yang pertama adalah buku administrasi. Nah diantaranya adalah buku keanggotaan, buku induk besar keuangan dari bank sampah tersebut, buku rekapan penyetoran anggota bank sampah, lalu buku yang berisi daftar hadir para anggota bank sampah tersebut.

  • Lakukan pemilihan petugas

Nantinya, ketika bank sampah ini semakin lama semakin membesar, maka disitu pasti akan lebih banyak membutuhkan petugasnya. Nah pertugasnya nanti harus dipegang oleh satu petugas. Nantinya ada petugas yang bekerja sebagai petugas yang menimbang sampah, lalu ada lagi petugas yang bekerja mencatat berat – berat sampah yang disetorkan oleh para anggota, lalu juga ada petugas pengelola tabungan yang mencatat hasil setoran.

  • Kumpulkan  dengan prosedur yang benar

Cara mengatur bank sampah yang paling penting adalah saat proses pengumpulan sampahnya. Makanya, pada proses pengumpulan sampah di tong sampah fiber harus dijadwalkan dengan baik agar bisa berjalan dengan baik proses pengumpulannya. Pada proses penyetorannya bisa dilakukan 1 atau 2 minggu sekali, dan pastikan saat penyetoran beberapa diantara ini juga kamu lakukan :

  • Pilah sampah

Pilah sampah sekarang juga sesuai dengan jenisnya. Jika penyetor masih belum memilah sampah, maka sebagai petugas, pastikan sampah tersebut sudah terpilah sesuai dengan jenis sampahnya.

  • Timbang

Sampah yang disetorkan harus ditimbang terlebih dahulu agar bisa langsung dicatat di buku pencatatan nantinya. Dengan begitu penentuan harganya pun nanti bisa lebih mudah antara yang berat dan enteng.

Nah kurang lebih begitu lah yang bisa kamu terapkan ketika akan membangun yang namanya bank sampah. Semoga bank sampah di tempat mu bisa berjalan dengan lancar ya.