Sudah Bisa Baca Al Qur’an ? Kalo Menulisnya ?

90

Kini telah banyak aplikasi dan alat-alat canggih yang akan membuat orang-orang yang ingin belajar al quran menjadi lebih mudah. Berbagai jenis alat dan aplikasi membuat belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu alat canggih yang mampu membuat masyarakat merasakan mudahnya belajar al quran adalah alquran digital pen. Al quran ini adalah al quran modern yang akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk belajar di mana saja dan kapan saja. Alquran digital pen memanfaatkan teknologi modern untuk membantu masyarakat yang ingin membaca lancar al quran ataupun ingin mengetahui bagaimana cara membaca yang benar. Kelebihan al quran jenis ini adalah terdapat pen yang akan mengeluarkan lantunan ayat suci. Pen ini lah yang menjadi pembeda dari al quran konvensional lain. Masyarakat yang ingin mendengarkan cara membaca dengan baik bisa menggunakan al quran jenis ini. Al quran ini telah menjadi salah satu al quran yang paling banyak digunakan untuk belajar cara membaca dengan benar.

Selain belajar membaca al quran, orang-orang muslim modern kini juga makin sadar untuk mempelajari cara untuk menulis huruf-huruf al quran. Huruf yang digunakan untuk menulis al quran

bukan lah huruf alfabet biasa tetapi menggunakan huruf arab atau yang biasa di sebut huruf hijaiah. Huruf ini adalah huruf dasar yang harus di ketahui oleh semua umat muslim. Kitap suci umat islam dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dan ayat selalu menggunakan huruf hijaiah. Segala hal tentang islam tidak ada yang dirubah menjadi bahasa lain, semuanya masih menggunakan bahasa arab atau huruf hijaiah sehingga umat muslim sangat wajib untuk mempelajari cara membaca ataupun menulis huruf hijaiah.

Sebelum belajar cara menulis dengan baik, masyarakat harus lebih dulu mengenal huruf hijaiah. Huruf hijaiah ini berjumlah 29 huruf yang mana hal ini selalu di pelajari saat masih muda oleh para umat muslim. Umat muslim yang memiliki anak balita atau usia sekolah dasar akan memasukkan anak mereka ke TPQ atau tempat pembelajaran al quran terdekat. Dari sini lah anak-anak muslim diajari untuk menulis dan membaca al quran dengan baik. Kini TPQ telah berkembang sangat besar dan mengajarkan banyak hal secara modern kepada para muridnya. Tidak hanya anak-anak yang harus belajar menulis al quran dengan baik, orang tua dan dewasa juga masih harus belajar lagi.

Banyak sarana yang bisa digunakan masyarakat zaman sekarang untuk belajar cara menulis yang baik dan benar. Cara menuliskan huruf arab sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara menulis tulisan biasa. Huruf arab juga memiliki jumlah yang cukup banyak sehingga orang-orang yang ingin belajar harus menghafal lebih dulu. Setelah berhasil menghafal huruf berjumlah 29 buah tersebut masyarakat bisa mulai menyambungkan satu persatu huruf agar bisa dibaca. Cara untuk menyambungkan huruf hijaiah tidak berbeda jauh dengan cara menyambungkan huruf pada tulisan latin yang biasanya masyarakat lakukan. Masyarakat yang belum terbiasa akan sedikit kesulitan untuk merangkai ataupun membaca rangkaian kata dalam bahasa arab. Akan tetapi dengan latihan rutin masyarakat akan terbiasa dengan sambungan huruf tersebut. Kunci untuk bisa membaca dan menulis al quran secara lancar hanya lah niat dan tekad untuk tidak mudah menyerah. Menggunakan setiap kesempatan dengan belajar akan membuat orang tersebut lebih cepat memahami cara menulis dan membaca al quran dengan cepat.